Jenis Permainan Outbound Seru

by - 15.00.00

Permainan Outbound


Kegiatan outbound memang merupakan aktifitas yang disukai baik oleh orang dewasa, remaja bahkan juga anak-anak. Tak hanya memberikan keceriaan dan merefresh pikiran, bergagai jenis games atau permainan outbound juga memiliki banyak sekali manfaat bagi masing-masing individu yang melaksanakannya. Setiap games yang dilakukan saat aktifitas outbound umumnya mempunyai nilai-nilai terselubung seperti nilai-nilai keberanian, kepercayaan, meningkatkan kerja sama, meningkatkan kedisiplinan, tanggung jawab dan kekompakan sebuah tim. Beberapa contoh permainan yang bisanya ada dalam aktifitas outbound antra lain:

Spider web atau jaring laba-laba
Permainan outbound spider web dilakukan dengan menggunakan tali tambang yang telah ditalikan sedemikian rupa hingga membentuk jaring laba-laba. Ada beberapa variasi game spider web, yaitu permainan spider web yang dilakukan dengan memanjat tali-tali jaring atau permainan spider web dengan tujuan melewatkan setiap anggota permainan dari satu sisi ke sisi lain melalui lubang pada jaring tanpa mengenai tali-tali jaring.

Two line bridge
Two line bridge masih merupakan permainan yang melibatkan tali. Dalam permainan ini akan disediakan dua utas tali tambang yang dipasang horizontal pada jarak dan ketinggian tertentu. Pemain akan diminta untuk melewati jembatan tali ini dari titik satu ke titik lainnya, dimana tali yang satu digunakan sebagai pijakan kaki dan tali lainnya digunakn untuk pegangan. Tentunya dibutuhkan keberanian untuk melakukannya.

Flying fox
Game satu ini tentunya merupakan permainan outbound yang sudah sangat familiar bagi banyak orang. Dalam game ini masing-masing peserta akan diluncurkan dari ketinggian tertentu. Jalur yang digunakan untuk meluncur adalah sejenis tali yang diikatkan dari ujung satu keujung lainnya dengan posisi miring. Tak perlu takut untuk  melakukannya karena anda akan dilengkapi dengan sejumlah peralatan pengaman ketika melakukan peluncuran.

Pipe Line atau jalur pipa
Pada game ini setiap peserta akan dibekali satu potong pipa dan tiap tim akan menerima sebuah bola. Setiap tima akan diminta untuk mengantarkan bola dari titik start ke garis finish melalui jalur yang dibuat dari pipa yang diberikan. Ketentuan dalam permainan outbound ini adalah bola tidak boleh dipegang langsng dengan tangan dan juga tidak boleh sampai jatuh ketanah. Jika bola sampai jatuh, maka tim tersebut harus mengulang perjalanan dari start. 

Blind walk 
Pada permainan outbound blind walk, peserta akan diminta untuk melewati jalur dengan sejumlah jebakan atau tantangan tertentu dalam keadaan mata tertutup. Selama melewati area yang sudah ditetapkan peserta akan dipandu oleh teman sekelompoknya. Ketentuan umum dalam permainan ini adalah peserta yang dipandu tidak bleh sampai mengenai pembatas jalur. 

Toxic Game 
Permainan outbound satu ini bervariasi bentuknya, namun pada umumnya game ini dilakukan dengan memindahkan ojek yang dianggap sebagai racun dengan media tertentu, biasanya tali. Setiap peserta akan diberikan seutas tali dengan panjang yang sudah disesuaikan, kemudian bersama kelompoknya peserta harus bahu-membahu untuk memindahkan objek yang dianggap sebagai racun dari titik satu ke titik lainnya menggunakan tali tanpa mengenai tangan secara langsung.

Itulah gambaran singkat permainan outbound yang umum dilakukan, sebenarnya masih banyak sekali game yang bisa dilakukan dalam suatu kegiatan outbound. Semakin banyak waktu yang diberikan tentunya semakin banyak game yang bisa dilakukan saat outbound. Kegiatan outbound merupakan salah satu event yang direkomendasikan untuk dilakukan oleh setiap organisasi kerena manfaatnya yang luar biasa untuk menanamkan nilai-nilai dari seorang individu berkualitas.


You May Also Like

0 komentar