Manfaat Outbond Training

by - 13.09.00


Outbound Pulau Seribu

Akhir-akhir ini, kegiatan Outbound Training tengah menjadi tren dan fenomena yang kian banyak diminati. Berbagai organisasi, lembaga, dan perusahaan, ramai-ramai menyelenggarakan kegiatan outbound sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja dan performa anggota atau pegawainya. Bahkan, untuk perusahaan yang sudah mapan dan sehat, biasanya setiap tahun sudah menganggarkan dana untuk kegiatan “keluar bersama” untuk menyegarkan pikiran, yang biasanya diadakan dalam bentuk tamasya atau rekreasi bersama ke objek wisata tertentu.
Dan, belakangan seiring dengan tren outbound training, program rekreasi itu banyak yang di kemas dengan outbound, sebagai bentuk rekreasi edukatif yang dinilai lebih banyak memberi manfaat. Selain membuat fresh, di dalam kegiatan outbound juga mengandung banyak filosofi dan esensi materi yang mampu menggugah semangat (motivasi-inspiratif-prestatif).

Bahkan, saat ini, metode outbound mulai dilirik oleh dunia pendidikan dengan dijadikan sebagai sistem pendidikan alternatif berbasis alam, di mana proses pengajaran di lakukan di alam terbuka. Hal ini bisa dilihat dari munculnya sekolah alam di berbagai kota, seperti di Ciganjur (Jakarta selatan), Semarang, dan Yogyakarta. Bahkan, di lembaga sekolah non- alam (umum)juga banyakyang menjadikan metode outbond sebagai variasi pembelajaran. Secara berkala, peserta didik diajak untuk belajar di alam terbuka.

Beberapa manfaat paket outbond :
1. Meningkatnya kualitas interaksi, komunikasi, keakraban, kebersamaan dan kesadaran  kerjasama.
2. Menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri dalam menghadapi tantangan pekerjaan dan mengatasi resiko.
3. Melatih kemampuan mengambil keputusan yang efektif dalam situasi sulit.
4. Meningkatkan  motivasi  diri  dalam bekerja, kemudian  disinergikan  dengan  tujuan kelompok dan organisasi.
5. Meningkatnya keterampilan berpikir kritis dan kreatif pada individu.
6. Tumbuhnya  jiwa kepemimpinan diri dan kelompok.
7. Meningkatnya kinerja  team yang solid dalam lingkungan perusahaan.
8. Tumbuhnya komitmen bersama  untuk  maju dan  meningkatkan kinerja.

Banyak pihak yang menyakini bahwa penggunaan metode outbond memberikan kontribusi positif terhadap kesuksesan SDM dalam perusahaan. Kami memiliki fasilitator yang berpengalaman yang dapat membantu membentuk SDM yang keritis, kereatif,interaktif dan komunikatif dalam lingkungan perusahaan.

You May Also Like

0 komentar